Sumber Artikel Internet

Kamis, 15 Mei 2014

Bakteri Kebal Antibiotik Mewabah di Australia

PARA PAKAR penyakit menular di Australia saat ini sedang mengkhawatirkan munculnya 'superbug' atau bakteri yang resisten terhadap antibiotik, yang menyebar di rumah sakit dan di tengah masyarakat.

Carbapenem-resistant Enterobacteriaceae (CRE), nama bakteri tersebut, dinyatakan sebagai 'wabah baru' oleh Australasian Society of Infectious Diseases (ASID) yang mempelajari soal penyakit menular.

Menurut laporan jurnal medis Australia, Rumah Sakit Dandenong di sebelah tenggara Melbourne, telah melaporkan adanya 10 kasus berkaitan CRE. Tak ada korban meninggal, namun saat ini Dandenong Hospital sedang dalam pengawasanketat.

Kepala Ahli Penyakit Menular dari rumah sakit tersebut, Dr Rhonda Stuart, mengaku, pihaknya telah menelusuri asal muasal bakteri itu hingga saluran air di unit gawat darurat dan saluran pembuangan, dan menggunakan uap bertekanan tinggi guna mengendalikan penyebaran organisme tersebut.

"Saya rasa ini menjadi waktu yang sangat menegangkan bagi para petugas kesehatan di Australia," ujar Rhonda.

Kepala ASID, David Looke, mengatakan, warga Australia yang terkontaminasi bakteri ini telah meningkat, dan ia mengaku tak terkejut karena wabah ini muncul di rumah sakit.

"Saya pikir, hal baru yang layak diberitakan adalah bahwa bakteri ini menjadi tahan terhadap antibiotik," tegasnya.

Bakteri Kebal Antibiotik Mewabah di Australia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar