Sumber Artikel Internet

Jumat, 23 Mei 2014

Merapi Kembali Muntahkan Wedhus Gembel

Setelah sempat tenang sepanjang Kamis (28/10/2010), gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas ke sisi selatan, Jumat (29/10/2010). Akibatnya, warga Dusun Sambungrejo, Kecamatan Balerante, Klaten, Jawa Tengah, panik, karena awan dengan suhu mencapai 800 derajat celcius itu mengarah ke desa mereka.

Seperti dikutip dari laman Detik.com, Jumat (29/10/2010), awan panas yang oleh penduduk setempat disebut wedhus gembel itu keluar dari kawah Merapi pada pukul 05.30 dan 06.10 WIB. Ketika pertama kali keluar, tidak terlalu besar, namun yang kedua lumayan besar. Awan berwarna gelap pekat dengan suhu mencapai 800 derajat celcius itu meluncur ke arah kali Gendol dan kali Woro yang berada di sisi selatan gunung, namun tidak sempat mencapai Dusun Sambungrejo yang memang sangat dekat dengan puncak Merapi, karena ketika luncuran awan panas itu mencapai jarak sekitar 2 km dari puncak Merapi, awan mematikan itu dihembus angin.
Namun demikian, begitu melihat gulungan wedhus gembel mengarah ke desanya, warga dusun itu langsung panik dan ketakutan. Mereka membunyikan kentongan sebagai tanda bahaya, dan terbirit-birit meninggalkan rumahnya masing-masing. Apalagi karena ketika Merapi memuntahkan awan panas, debu vulkanik masih terlihat menggantung di sebelah selatan lereng Merapi.
"Tadi juga sempat ada suara bergemuruh," ujar petugas di pos pengamatan Kaliurang, Priyono.
Sebelumnya, Kamis (28/10/2010) pukul 19.54 WIB Merapi juga memuntahkan awan panas yang cukup besar dengan disertai munculnya lava pijar. Seperti halnya awan panas yang muncul Jumat (29/10/2010) pagi, awan piroklastik itu juga meluncur ke arah selatan gunung.
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) , Surono, kepada Media Indonesia mengatakan, munculnya lava pijar menunjukkan erupsi khas Merapi, dan dia berharap aktivitas gunung itu segera menurun.
"Tapi hingga saat ini status Merapi masih awas," tegasnya.
Setelah meletus pada Selasa (26/10/2010) pukul 17.02 WIB, gunung Merapi sempat tenang kembali. Namun dengan keluarnya kembali awan panas pada Kamis malam dan Jumat pagi, Kabid PVMBG Kementerian ESDM, I Gede Wayan Swastika, mengakui, kalau masih ada 2/3 sisa energi Merapi yang belum keluar.
"Tapi itu bukan berarti akan ada letusan besar. Letusan seperti itu terjadi kalau sisa energinya dikeluarkan sekaligus, tapi sepertinya Merapi akan mengeluarkan sisa energi itu sedikit demi sedikit hingga habis. Makin sering dikeluarkan, makin bagus, karena makin cepat selesai," jelasnya.
Namun demikian Gede mengakui, ada kemungkinan sisa energi Merapi akan dikeluar dalam waktu bersamaan alias sekaligus.

Merapi Kembali Muntahkan Wedhus Gembel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar