Sumber Artikel Internet

Senin, 19 Mei 2014

TKI NTT Diperdagangkan

Trafficking human (perdagangan manusia) secara terang-terangan terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Korbannya warga yang berniat menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.

Menurut Teda Littik, koordinator Lembaga Advokasi, Eliminasi, dan Pencegahan Pekerja Anak NTT seperti dikutip harian Media Indonesia, Jumat (17/9/2010), modus perdagangan para TKI itu diawali dari perekrutan warga yang ingin menjadi TKI oleh para calo yang bergentayangan di desa-desa di NTT.
"Perekrutan ini dengan disertai janji bahwa mereka akan digaji dengan layak, dan (dipekerjakan) secara ilegal," katanya.
Setelah warga yang dibujuk mau, oleh calo tersebut mereka dijual oleh calo lain yang beroperasi di kota-kota di NTT, dan oleh calo di perkotaan ini, para TKI dijual lagi kepada perusahaan-perusahaan pengerah jasa tenaga kerja yang akan memberangkatkan mereka ke Malaysia.
"Biasanya penjualan TKI ini melalui empat tahap. Dua kali di desa, satu kali di kota, dan kemudian kepada perusahaan yang akan memberangkatkan mereka," katanya.
Diakui, akibat praktek penjualan TKI ini, tak jarang TKI yang sudah diberangkatkan dan tiba di negara tujuan tempat bekerja, tak tahu perusahaan mana yang mengirimkannya, sehingga ketika TKI tersebut mendapatkan masalah, tak ada perusahaan yang dapat dimintai pertanggungjawaban.
"Para TKI itu pun dijual dengan harga yang berbeda-beda. Dan harganya cenderung naik setiap saat," imbuh Teda.
Berdasarkan catatan Teda diketahui, hingga September 2010 sedikitnya ada 14.848 TKI asal NTT rekrutan para calo tersebut yang menjadi TKI ilegal di Malaysia. Perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam sindikat penjualan TKI asal NTT ini di antaranya berdomisili di Surabaya (Jawa Timur), dan Nunukan (Kalimantan Timur).
Diakui, keberadaan para calo TKI itu memang sulit dicegah, karena selain anak-anak usia kerja di NTT membutuhkan pekerjaan, pendidikan mereka yang minim, plus kemiskinan, membuat mereka mudah dibujuk.
"Keterbatasan ini pula yang akhirnya membuat mereka mengalami kekerasan oleh majikannya di luar negeri," imbuh Teda.

TKI NTT Diperdagangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar