Sumber Artikel Internet

Rabu, 11 Juni 2014

Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia Ambruk

Reruntuhan Jembatan Kukar.
Jembatan Kutai Kartanegara, jembatan gantung terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Kecamatan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu 26 November 2011 sekitar pukul 16.30 WITA, ambruk. Hingga Sabtu malam korban tewas tercatat 5 orang, dan cedera sekitar 22 orang.

Saat kejadian, jembatan sepanjang 580 meter itu sedang dalam keadaan ramai arus lalu lintas, sehingga ketika jembatan itu runtuh, semua kendaraan yang berada di atasnya jatuh ke darat dan tercebur ke sungai Mahakam. Di antaranya bahkan ada yang tenggelam.

Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Kukar, Jembatan Tenggarong dan Jembatan Mahakam 2 ini dibangun selama empat tahun, dari 1997 hingga 2001, dan memiliki desain maupun kosntruksi mirip Golden Gate di San Francisco, Amerika Serikat.

Jembatan Kukar memiliki tiga tiang penyangga yang masing-masing berdiri kokoh di tepi sungai Mahakam yang berada di kawasan Kecamatan Tenggarong Seberang, di tengah sungai Mahakam, dan di tepi sungai Mahakam yang berada di kawasan Kecamatan Tenggarong. Dari total panjang 710 meter, 270 meter di antaranya melintang di atas sungai Mahakam dan tidak ditopang tiang apapun, kecuali digantung dengan kawat baja tebal.

Saat jembatan runtuh, seluruh bagian jembatan yang tidak ditopang tiang, ambruk, sehingga hanya ketiga tiang yang tetap berdiri kokoh, namun dalam kondisi miring ke arah sungai. Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah mengingat banyaknya kendaraan yang tercebur ke sungai, dan tim SAR bekerja keras untuk menemukan mereka yang hanyut maupun tenggelam.


Sisa-sisa Jembatan Kukar.
Wakil Bupati Kutai Kartanegara, M Ghufron, mengakui kalau saat jembatan ambruk, jembatan itu sedang diperbaiki.

"Tapi belum bisa dipastikan itu yang menjadi penyebab," imbuhnya.

Seorang saksi mata, Yohanes Kopong Tuan, mengatakan, Jembatan Kukar ambruk akibat sering tertabrak kapal ponton mengangkut hasil penambangan batu bara yang melintas di bawah jembatan.

"Karena sering tertabrak, besi dan tiang jembatan jadi goyang, tapi sayangnya baru sekarang diperbaiki," katanya.

Kapal ponton atau tongkang adalah jenis kapal berlambung datar yang biasa digunakan untuk mengangkut barang. Kapal ini beroperasi dengan ditarik kapal tunda.

Yohanes menambahkan, sebelum ambruk, Jembatan Kukar tak hanya sedang dipadati arus lalu lintas, tapi juga dipadati orang-orang yang sedang menikmati indahnya pemandangan di sekitar jembatan.


Kendaraan-kendaraan yang tercebur.
Memang, pemandangan di sekitar Jembatan Kukar telah menjadi obyek wisata tersendiri bagi warga sekitar karena di situ ada hamparan pulau kecil yang dikenal dengan nama Pulau Kumala. Pulau ini telah disulap menjadi sebuah kawasan wisata rekreasi yang menurut pemerintah setempat, kawasan ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang hampir mirip dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

Di kawasan jembatan ini juga terdapat Jam Bentong yang merupakan sebuah tugu, dari jembatan dapat melihat hamparan taman-taman di sekitarnya, dan bahkan di dekat jembatan ada sarana olahraga panjat dinding. Setiap sore, terutama di akhir pekan dari hari libur, jembatan selalu dipenuhi pengunjung. Termasuk saat musibah terjadi.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden SBY sudah menginstruksikan kepada Badan SAR Nasional dan Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) agar segera berkoordinasi dengan Pemkab Kukar dan Pemprov Kalimantan Timur untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan. Sementara Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, pihaknya kini tengah menyelidiki penyebab runtuhnya jembatan itu dan akan menyeret siapapun yang bersalah ke jalur hukum.

Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia Ambruk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar