Sumber Artikel Internet

Sabtu, 14 Juni 2014

Khasiat Petai

Anda membenci petai? "Sahabat" jengkol ini memang jenis sayur mayur yang menyebalkan, karena jika dikonsumsi akan meninggalkan bau yang teramat tak sedap di mulut maupun pada air seni. Tapi tahukah Anda kalau petai yang lezat tapi bau itu ternyata berkhasiat?

Petai megandung tiga jenis gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, serta mengandung serat. Kombinasi kandungan-kandungan ini dapat memicu timbulnya energi secara instan dalam tubuh yang mengonsumsinya, dan efek ini baru hilang dalam waktu yang relatif cukup lama.
Riset membuktikan, dua porsi petai mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Karena itu jangan heran jika petai sangat disukai para atlet top. Penelitian bahkan juga membuktikan bahwa petai tidak hanya memberikan energi, namun juga mampu mencegah dan mengatasi beberapa macam penyakit dan kondisi buruk. Ini membuat petai menjadi salah satu makanan penting dalam makanan keseharian kita.
Penyakitb apakah yang dapat diatasinya? Ini dia;

1. Depresi
Menurut survei MIND, banyak pasien penderita depresi yang merasa lebih baik setelah makan petai. Ini terjadi karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang membuat orang jadi rileks, mampu memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

3. Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

4. Tekanan darah tinggi
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

5. Kemampuan otak
Sebanyak 200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada 2010 ini karena memakan petai saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi ini dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

6. Sembelit
Karena kandungan serat yang tinggi, maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ.

7. Obat mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milkshake petai, yang dimaniskan dengan madu. Petai akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

8. Gigitan nyamuk
Sebelum Anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

9. Untuk saraf
Pete mengandung vitamin V dalam jumlah besar, sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.

Nah, Anda masih membenci petai? (sumber; vivanews)

Khasiat Petai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar