Sumber Artikel Internet

Rabu, 29 Januari 2014

Julain Assange Dibebaskan dari Penjara

Upaya pengacara pendiri situs whistleblower WikiLeaks, Julian Assange, untuk membebaskan pria asal Australia yang sedang menghebohkan dunia tersebut dari penjara di London, Inggris, berhasil. Kamis (16/12/2010) waktu setempat atau Kamis tengah malam waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Julian dibebaskan dari penjara setelah membayar uang jaminan,

Seperti diberitakan VIVAnews, Jumat (17/12/2010), Assange sempat mendekam di penjara selama sembilan hari atas permintaan kejaksaaan Swedia dengan tuduhan, Assange melakukan perkosaan dan pelecehan seksual di negaranya pada Agustus 2010.

"Saya berharap terus melanjutkan kerja, dan terus memprotes tuntutan hukum yang dikenakan kepada saya," kata Assange saat keluar dari gedung pengadilan di London, seperti dikabarkan harian The Guardian.

Assange yang sempat mengatakan sangat senang karena dapat kembali menghirup udara London, terbang ke sebuah lokasi yang tidak disebutkan. Assange dapat bebas karena hakim pengadilan di London juga menolak permohonan yang disampaikan utusan kejaksaan Swedia agar Assange tetap ditahan untuk segera diekstradisi.

Menurut stasiun televisi BBC, pengacara Assange sudah mendapat cukup dana untuk mengeluarkan dia dari penjara dengan membayar uang jaminan sebesar 240.000 pound sterling, seperti diisyaratkan pengadilan. Namun, utusan dari Swedia berupaya menghalangi pembebasan itu, bahkan berupaya mengekstradisi Assange dari Inggris.

Assange sebelumnya mendapat persetujuan dari hakim di London agar dibebaskan dengan membayar uang jaminan, Selasa 14 Desember 2010. Namun, persetujuan itu mendapat reaksi dari otoritas Swedia. Mereka mengajukan gugatan agar Assange tidak jadi dilepas.

Hakim mengatakan perlu waktu sekitar 48 jam untuk memberi putusan selanjutnya. Assange pun memahami penundaan dari hakim, yang akan memutuskan gugatan Swedia pada Kamis waktu London. Maka, Assange saat itu tidak jadi dilepas dengan jaminan.

Sebenarnya, bukan Inggris yang berkepentingan menangkap Assange, melainkan Swedia. Soalnya, pria berusia 39 tahun itu bermasalah atas kasus perkosaan dan pelecehan seks di Swedia pada Agustus 2010.

Assange, yang berada di Inggris, sejak pekan lalu ditahan polisi setempat setelah mendapat permohonan resmi dari aparat Swedia, yang ingin mengekstradisi dia ke negara mereka untuk diadili.

Menurut pengacaranya, Assange menilai upaya ekstradisi dan penangkapan dari Swedia adalah bagian dari konspirasi politik setelah WikiLeaks membuat sensasi dengan membocorkan informasi rahasia AS.

Julain Assange Dibebaskan dari Penjara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar