Sumber Artikel Internet

Senin, 13 Januari 2014

Julian Assange di Inggris, Tapi Tak Bisa Ditangkap

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, saat ini diketahui berada di tenggara Inggris, tapi polisi negeri Lady Diana tak bisa menangkapnya akibat kesalahan surat perintah penangkapan yang dikeluarkan pemerintah Swedia.

Seperti dikutip Kompas.com dari harian The Times, Kamis (2/12/2010), polisi Inggris telah mengetahui lokasi si pembocor dokumen-dokumen rahasia pemerintah Amerika Serikat (AS) itu, yakni di sebuah lokasi di tenggara Inggris, namun polisi negeri kelahiran Lady Diana tak bisa bertindak karena surat perintah penangkapannya salah.

Pasalnya, pihak berwenang Swedia menerbitkan surat perintah terkait dengan dugaan pelanggaran seksual, pada 19 November 2010 atau sehari sebelum Interpol menempatkan dia dalam daftar pencarian. Namun, sumber polisi mengatakan kepada harian itu bahwa surat perintah itu tidak dapat diterapkan.

"Itu bukan surat perintah yang benar, sehingga kami tidak dapat bertindak berdasarkan surat itu," kata sumber tersebut.

Pengacara Assange yang berbasis di Inggris, Mark Stephens, mengatakan, pihak berwenang tahu keberadaan kliennya. "Polisi tahu bagaimana menemukan dia, seperti halnya jaksa Swedia. Namun, tak seorang pun tampaknya berminat untuk memberi tahu kami apa yang sedang terjadi," katanya.

Assange tidak terlihat sejak WikiLeaks mulai merilis lebih dari 250.000 dokumen resmi AS pada hari Minggu lalu. Aksi WikiLeaks itu membuat AS berang karena dapat menempatkan negara itu pada posisi yang sulit.

Julian Assange di Inggris, Tapi Tak Bisa Ditangkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar