Sumber Artikel Internet

Selasa, 14 Januari 2014

Muammar Khadafi Tewas

Dewan Transisi Nasional Libya (NTC) mengumumkan bahwa mantan pemimpin Libya, Moammar Khadafi, tewas tertembak di kampung halamannya, Sirte, Kamis 20 Oktober 2011. Dilaporkan, Khadafi tertembak di beberapa bagian tubuhnya.

Dilansir dari kantor berita Reuters, sebelumnya juru bicara NTC Abdel Majid Mlegta mengatakan Khadafi tertangkap dan ditembak di kedua kakinya pada Kamis dini hari. Kala itu, kata Mlegta, Khadafi yang berada dalam konvoi berusaha kabur ketika pesawat NATO menyerang.

"Dia juga tertembak di kepala. Iring-iringannya dihujani tembakan dan dia tewas," katanya.


Ini lah penggalan video jenazah Khadafi.

Namun sejumlah medua Barat, termasuk DailyMail, mengatakan, Khadafi ditangkap di sebuah lobang persembunyian di kota kelahirannya, Sirte, oleh para pemberontak.Saat ketahuan berada di sana, pemimpin Libya itu langsung mengangkat tangan dan berkata; "'Jangan tembak, jangan tembak!'

Khadafy tewas dengan luka tembak di kepala dan beberapa bagian tubuh. Ia masih mengenakan pakaian militernya. Ia tertangkap tak lama setelah Sirte jatuh ke tangan tentara NTC, wilayah dimana pengaruh Khadafi masih kuat, dengan tentara loyalis yang melakukan perlawanan. Sesaat setelah kematiannya, seorang pemberontak merekam dengan kamare ponselnya, dan disebarkan (lihat gambar atas).

Khadafi telah memimpin Libya selama 42 tahun dengan tangan besi. Dia menjadi buronan Mahkamah Kriminal Internasional atas tuduhan pembunuhan masyarakat sipil.

Berita kematian Khadafi disambut gembira oleh warga Libya di Tripoli. Mereka meniup terompet dan menembakkan peluru ke udara. "Ini adalah kemenangan bagi rakyat Libya," kata Menteri Penerangan NTC, Mahmoud Shammam, dilansir dari CNN.

Muammar Khadafi Tewas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar