Sumber Artikel Internet

Sabtu, 15 November 2014

Arkeolog Yakini Gunung Padang Dirancang Arsitek Ulung

SATU demi satu bukti bahwa Gunung Padang bukan terbentuk oleh alam, ditemukan. Yang luar biasa, temuan terbaru membuktikan bahwa gunung di Cianjur, Jawa Barat, tersebut memiliki konstruksi yang dirancang oleh arsitek ulung dengan teknologi yang tergolong luar biasa.

Temuan tersebut adalah susunan batu yang membentuk teras 1 di sisi utara gunung tersebut yang terbuat dari batu columnar joint alami.

"Sebelum disusun, batu-batu panjang berpenampang segi lima itu terlebih dahulu dipotong-potong oleh masyarakat masa lalu, dan kemudian disusun sedemikian rupa di bukit agar dinding bukit semakin kuat dan tidak longsor," jelas Ketua Tim Arkeolog Ali Akbar dalam keterangannya, Senin (25/3/2013).

Dari penggalian yang dilakukan sejak Mei 2012 itu diketahui kalau penguatan bukit dilakukan dengan cara menyusun batu-batu itu hingga seperti paku atau pasak yang menancap di bukit.

Batu-batu itu menancap dari sebelah utara ke selatan. Pada sisi timur bukit, potongan-potongan batu ditancap dengan arah timur ke barat. Hasilnya adalah semacam bangunan perbentengan dengan dinding yang sangat kuat.

Hasil ekskavasi arkeologi baru-baru ini di lereng timur pada kedalaman 1 meter diperoleh potongan-potongan batu seperti yang terlihat di teras 1. Dapat disimpulkan bahwa di dalam tanah masih banyak struktur bangunan yang masih terpendam.

"Bahkan ditemukan semacam semen atau perekat purba yang berfungsi untuk menyambung patahan-patahan batu tersebut. Saat ini temuan tersebut sedang dianalisis di laboratorium untuk mengetahui campuran atau komposisi mineralnya," tambah Ali.

Tim Mandiri terpadu terus melakukan riset, dan semakin terbukti bahwa di dalam tanah Gunung Padang masih banyak struktur batu yang disusun oleh manusia. Temuan ini sekaligus menunjukkan keahlian pembangun Gunung Padang.

"Kuat indikasinya bahwa bebatuan yang tersusun di lereng adalah hasil dari penataan nenek moyang kita dulu," tuntasnya.

Arkeolog Yakini Gunung Padang Dirancang Arsitek Ulung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar