Sumber Artikel Internet

Sabtu, 08 November 2014

Belerang Merapi Rambah Boyolali, Warga Sangup Pingsan

Letusan Merapi pada Senin (1/11/2010) tak hanya membuat Kabupaten Semarang, Boyolali, dan Salatiga mengalami hujan abu vulkanik, tapi juga membuat puluhan warga Desa Sangup, Kecataman Musuk, Boyolali, Jawa Tengah, pingsan akibat menghirup asap belerang yang keluar dari gunung itu.

Seperti dikabarkan MICOM, puluhan warga yang pingsan sebagian besar para orang tua dan anak-anak. Begitu mereka bertumbangan, keluarga dan warga lain segera larikan mereka ke Poliklinik Desa Karanganyar, Musuk, yang berada paling dekat dengan lokasi, untuk mendapatkan perawatan.
Bau belerang memenuhi udara Desa Sangup selama beberapa jam. Bau itu sangat menusuk, sehingga tak seorang pun warga desa yang berada sekitar 4 kilometer di sisi Timur Merapi tersebut, sanggup menciumnya. Celakanya, letusan Merapi membuat cuaca di desa itu gelap akibat hujan abu vulkanik.
Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seluruh warga diungsikan ke Balai Desa Mriyan dan Karanganyar. Apalagi karena ketika Merapi lagi-lagi meletus pada pukul 11.10 WIB, awan panas dari gunung itu mengarah ke Desa Sangup, membuat warga desa ketakutan dan lari terbirit-birit.
"Begitu gunung meletus dan wedhus gembel mengarah ke desa kami, seluruh warga langsung berhamburan keluar rumah. Apalagi saat itu langit langsung menjadi gelap," kata Wardi, salah satu warga Sangup.

Belerang Merapi Rambah Boyolali, Warga Sangup Pingsan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar