Sumber Artikel Internet

Selasa, 11 November 2014

Indomie Di-black list di Taiwan

Mi Instan merek Indomie yang saat ini menjadi salah satu produk makanan cepat saji pavorit di Indonesia, dilarang beredar di Taiwan. Pasalnya, setelah diteliti di laboratorium, mi buatan PT Indofood CBP Sukses Tbk tersebut mengandung dua bahan pengawet berbahaya yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Seperti dikutip dari laman Kompasiana, Minggu (10/10/2010), penelitian dilakukan setelah Departemen Kesehatan dan Makanan Taiwan melakukan razia mendadak ke sejumlah toko Indonesia di negara itu, dan mengambil sampel produk Indomie untuk diteliti di laboratorium. Hasilnya mengejutkan, produk yang laku keras di Indonesia ini mengandung dua bahan pengawet berbahaya yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang,
akan merusak kinerja liver, memicu munculnya penyakit maag, muntah dan keracunan asidosis metabolik. Dua bahan pengawet dimasksud adalah hydroxy methyl benzoate dan benzoic acid. Yang terakhir ini terkandung dalam bumbunya.
Kepala administrasi bagian Obat dan Makanan
Departemen Kesehatan dan Makanan Taiwan, Wang Shu Fen, menyatakan, hydroxy methyl benzoate biasanya digunakan untuk bahan kosmetik lotion, sedang benzoic acid dipakai untuk bahan pengawet makanan, tapi di Taiwan dilarang digunakan untuk mi instant. 

Dua kualitas
Selama ini produk Indomie yang beredar di Taiwan diklasifikasikan dalam dua kategori, yakni kualitas layak ekspor dan kualitas untuk dalam negeri Indonesia. Belum diketahui apakah mi instant yang di-black list Taiwan merupakan mi-mi dari kedua jenis kualitas tersebut, atau hanya mi untuk kualitas dalam negeri Indonesia yang “lolos” ke luar negeri (Taiwan). Yang pasti, sikap pemerintah Taiwan yang melarang peredaran produk Indomie menjadi “tamparan” keras bagi PT. Indofood Sukses Makmur dan pemerintah Indonesia. 

Menanggapi sikap pemerintah Taiwan, seperti dilansir Vivanews.com, Senin (11/10/2010), Direktur PT. Idofood CBP Sukses Tbk, Taufik Wiraatmadja, mengatakan, produk mie instan mereka yang diekspor ke Taiwan telah sepenuhnya memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan  Departemen Kesehatan Biro Keamanan Makanan Taiwan maupun CODEX Alimentarius Commission, sebuah badan internasional yang mengatur standar makanan. .
"Kami yakin, bahwa pemberitaan mengenai mi instan yang muncul di media massa Taiwan bukanlah produk mi instan Indofood yang ditujukan untuk pasar Taiwan," katanya. 
Taufik mengaku, terakit pemberitaan ini, pihaknya tengah meninjau situasi di Taiwan, dan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan konsumen Indoffod di sana maupun di negara-negara lain yang selama ini menjadi tujuan ekspor produk Indofood..

Indomie Di-black list di Taiwan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar