Sumber Artikel Internet

Kamis, 12 Juni 2014

6 Penemuan Gagal di Abad 20

Abad ke-20 ditandai dengan sejumlah penemuan-penemuan hebat yang mengubah kehidupan manusia. Ada penemuan mobil canggih, juga internet. Di abad tersebut manusia bahkan mampu menjejakkan kakinya ke Bulan.

Namun, tak semua penemuan itu layak dimasukkan dalam buku sejarah. Sebab, beberapa temuan dinyatakan gagal, bahkan konyol. Apa saja temuan yang masuk kategori tak berguna itu? Ini dia yang dikutip dari VIVAnews ;

1. TV Kacamata

Diciptakan pada 1963 oleh Hugo Gernsback. Produk itu tak pernah dirilis, mungkin karena bentuknya yang tidak 'seksi' dan jika digunakan sangat membebani wajah, terutama hidung.






2. Papan seluncur bermotor

Penemuan ilmuwan Hollywood, Amerika Serikat, bernama Joe Gilpin ini sebenarnya cukup inovatif. Terinsipirtasi oleh permainan ski dan papan seluncur, dia menciptakan papan seluncur yang dapat mempermudah penggunanya untuk meluncur di atas ombak laut. Namun, mesin yang digunakan pada alat ini membuat orang berfikir berulang kali untuk menggunakannya, dan penemuan pada 1948 ini pun seperti hilang ditelan zaman.



3. Kandang bayi berkawat

Penemuan ini sebenarnya dapat memudahkan seorang pengasuh bayi dalam mengasuh bayi yang diasuhnya itu. Apalagi jika orang tua sang bayi tinggal di gedung tinggi. Bahkan setelah diciptakan pada 1937, kandang ini sempat dibagikan kepada anggota Chelsea Baby Club di London yang tak memiliki taman, sehingga kadangkala di antara mereka ada yang tega meletakkan bayi mereka di jalanan yang ramai. Namun bentuk temuan yang berupa kandang ini akhirnya dijauhi orang, karena bagaimanapun bayi manusia bukanlah binatang. Mereka lebih tepat dibiarkan bebas bergerak dibanding dikurung dalam sangkar.



4. Payung rokok antihujan

Alat ini ditemukan pada 1954 dan sempat digunakan Presiden Zeus Corp, Robert L. Stern. Namun banyak orang yang menganggap penemuan ini tidak penting, karena tubuh lebih penting untuk dilindungi dari guyuran hujan ketimbang sebatang rokok.






5. Elektrometer Hubbart

Alat ini diciptakan oleh penulis fiksi ilmiah dan pendiri gereja aliran Scientology, L. Ron Hubbard, pada 1968. Kegunaannya adalah untuk mendeteksi apakah tomat juga merasakan sakit seperti manusia. Hasil dari penggunaan alat ini adalah, tomat menjerit saat dipotong. Penemuan ini diabaikan orang, karena tak ada yang suka memikirkan bagaimana tomat bereaksi ketika akan dibuat jus atau untuk pelengkap sayur yang dimasak.





6. Robot penembak

Penemuan ini sebenarnya cukup spektakuler, karena saat robot ini ditemukan pada 1960, robot belum familiar bagi masyarakat dunia. Bahkan meski robot ini dilengkapi dengan senapan dan dapat menembak, banyak orang menganggap bahwa penemuan ini layak diabaikan, karena apa jadinya jika robot seperti itu diproduksi dalam jumlah banyak, dan kemudian menembaki manusia di sekitarnya?

6 Penemuan Gagal di Abad 20 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar