Sumber Artikel Internet

Minggu, 12 Januari 2014

Penyanyi Hip Hop Calonkan Diri Jadi Presiden

Fenomena ketertarikan artis untuk menjadi pejabat publik tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara-negara lain di dunia, termasuk negara di benua Afrika seperti Haiti. Pasalnya, penyanyi hip hop Wyclef Jean secara resmi mendaftarkan dirinya sebagai presiden pada pemilihan kepala negara di negara asalnya, Haiti.

Seperti dilansir BBC, pencalonan pentolan band hip hop 'The Fugees' yang ngetop pada 1990-an itu disambut meriah para pendukung. Bahkan begitu Jean tiba di kantor dewan pemilihan umum Port-au-Prince, Haiti, bersama istri dan anak perempuannya, Sabtu (7/8/2010), Jean langsung disambut dengan gegap gempita.
"Saya ingin mengatakan kepada Presiden Barack Obama, bahwa AS mempunyai Obama dan Haiti memiliki Wyclef Jean," tegas Jean.
Sabtu adalah batas akhir penyerahan dokumen pencalonan pemilihan presiden Haiti yang akan dilangsungkan pada 28 November 2010. Jean yang tinggal di Amerika Serikat harus membuktikan bahwa dirinya berhak mengikuti pemilihan di negara asalnya itu. Apalagi karena Badan Penilai akan mengkaji apakah pencalonan Jean memenuhi persyaratan undang undang dasar negerinya atau tidak, terutama menyangkut persyaratan keharusan seorang calon tinggal di Haiti selama lima tahun berturut-turut sebelum pemilu, dan tidak pernah menjadi warga negara asing. Dan untuk diketahui, meski berasal dari Haiti, Jean dibesarkan di Amerika, dan dia memiliki paspor Haiti dan izin tinggal di AS.
Namun demikian Jean tidak khawatir, karena pada 2007 pemerintah Haiti menunjuk dirinya sebagai duta besar khusus Haiti. "Jadi sepertinya saya tidak perlu memenuhi persyaratan izin tinggal," tegasnya.
Sebagai duta besar keliling, Wyclef Jean berperan penting dalam mendapatkan bantuan bagi korban gempa Haiti yang menyebabkan 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal beberapa waktu lalu. Jean bahkan mengaku, kalau tidak karena gempa, mungkin dia akan menunggu 10 tahun lagi untuk mencalonkan diri sebagai presiden di Haiti.
Lolos tidaknya pencalonan Jean akan diketahui pada 17 Agustus 2010, karena pada saat itu Badan Penilaian akan mengumumkan calon mana saja yang lolos seleksi, dan mana yang tidak. Selain Jean, yang juga mencalonkan diri sebagai presiden Haiti adalah mantan diplomat Garaudy Laguerre dan Raymond Joseph yang saat ini menjabat duta besar Haiti untuk AS. Raymond adalah paman Jean. (sumber; BBC)

Penyanyi Hip Hop Calonkan Diri Jadi Presiden Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar