Sumber Artikel Internet

Selasa, 11 November 2014

Batalkan Gerakan Bakar Al Qu'ran, Jones Dapat Mobil

Sensasi yang ditimbulkan Terry Jones dengan gerakan International Burn a Qu'ran Day (Hari Pembakaran Al Qu'ran Sedunia)-nya belum berakhir. Pasalnya, meski gerakan yang dirancang untuk memperingati peristiwa 11 September 2001 itu tak jadi dilaksanakan, masih ada sepenggal kisah lain yang terkait dengan gerakan itu, yang kini menjadi pemberitaan media di Amerika. Yakni, Jones menuntut hadiah mobil yang dijanjikan untuknya.

Lho, apa hubungannya?
Begini. Seperti diberitakan Vivanews, Sabtu (16/10/2010), ternyata keputusan pendeta gereja Evangelis di Florida itu untuk membatalkan gerakan membakar Al Qur'an bukan hanya karena gerakan itu membangkitkan kemarahan umat Islam dan umat beragama lain di seluruh dunia, ataupun karena telah adanya kesepakatan bahwa Islamic Centre akan dibangun di lokasi yang agak jauh dari lokasi ground zero atau lokasi reruntuhan gedung WTC, melainkan karena adanya iming-iming hadiah sebuah mobil.
Adalah Brad Benson, penjual mobil di New Jersey yang pernah mengiming-imingi Jones sebuah mobil baru jika dia tak jadi membakar Al Qu'ran. Iming-iming itu dinyatakan dalam sebuah iklan yang unik di radio, dan Benson shock setengah mati ketika kemudian seseorang yang mengaku perwakilan Jones, meneleponnya dan meminta hadiah yang dijanjikan, yakni sebuah mobil Hyunday Accent 2011 yang berharga US$14.200.
"Kata mereka, kecuali aku beriklan palsu, mereka ingin mengambil hadiah mobil yang dijanjikan," kata Benson seperti dikutip Vivanews dari laman Associated Press.
Benson mengaku, semula dia ragu kalau yang menelepon memang orang kepercayaan Jones, sehingga dengan becanda, dia meminta orang itu mengirimkan foto kopi SIM Jones. Dan ternyata benar, tak lama kemudian SIM itu sampai ke tangannya.
"Padahal ketika aku beriklan waktu itu, yang aku tawari hanya menggunakan mobil baru itu secara gratis selama setahun, bukan memberikan kepadanya. Dan itu aku lakukan, aku fikir karena itu yang terbaik untuk bangsa ini," katanya.
Namun demikian, Benson memilih mengalah. Dengan berat hati dia mengirimkan mobil yang dituntut Jones karena selain tak mau dikait-kaitkan dengan sepak-terjang pemimpin sekte radikal itu, dia juga harus mendengarkan pendapat publik. Pasalnya, berdasarkan jajak pendapat yang dia lakukan, 2.600 pendengar radio berpendapat bagaimanapun dia harus memberikan mobil itu.

Seperti diketahui, gerakan membakar Al Qur'an sedunia yang dicanangkan Terry memang sempat menggegerkan dunia dan memicu kontroversi. Apalagi karena dalihnya adalah untuk memperingati peristiwa serangan 11 September 2001 yang meruntuhkan gedung kembar Word Trade Centre (WTC) dan menewaskan ribuan orang. Gerakan ini tak hanya membangkitkan kemarahan umat Islam di seluruh dunia, tapi juga ditentang oleh penganut agama lain, termasuk Kristen. Presiden Amerika Serikat Barack Obama bahkan sampai turun tangan dengan meminta Terry membatalkan gerakannya.
Jones baru bersedia membatalkan gerakannya setelah bertemu Feisal Abdul Rauf, salah seorang tokoh muslim Amrika yang juga salah seorang penggagas pembangunan Islamic Centre di dekat lokasi ground zero. Dari pertemuan itu disepakati, lokasi pembangunan Islamic Centre digeser ke lokasi yang agak jauh dari lokasi ground zero.
Lalu apa kata Jones soal keluhan Benson? Pemimpin gereja Evangelis di Florida ini mengaku, dia membatalkan gerakannya bukan karena persoalan mobil itu, karena dia mengetahui adanya janji dari Benson justru beberapa minggu setelah 11 September. Dia bahkan mengaku akan menyumbangkan mobil itu kepada sebuah organisasi yang membantu proses pemulihan wanita muslim yang menjadi korban kekerasan.
"Kami tidak ingin menarik keuntungan dari ini. Mobil itu bukan untuk kami ," kata dia kepada AP.
Jones harus mengambil sendiri mobil itu di South Brunswick setelah mengisi beberapa dokumen. Belum diketahui kapan mobil akan diserahterimakan. 

Berita terkait KLIK DI SINI.

Batalkan Gerakan Bakar Al Qu'ran, Jones Dapat Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar