Sumber Artikel Internet

Kamis, 02 Januari 2014

Meteor Jatuh di Rusia, 400 Orang Terluka

SEBUAH meteor jatuh di kawasan Chelyabinsk yang berjarak sekitar 1.500 km di sebelah timur Moskow, Rusia, pada Jumat (15/2/2013) pukul 09.20 waktu setempat. sedikitnya 400 orang cidera akibat kejadian ini.

Seperti dilansir dawn.com, saat masih melintasi langit Rusia, sebelum jatuh, meteor itu menjatuhkan bola-bola api ke tanah, menghancurkan jendela-jendela apartemen, perkantoran, dan rumah-rumah di kota industri tersebut, serta membuat alarm mobil berbunyi.

Seorang koresponden Reuters melaporkan, saat meteor itu datang, penduduk Chelyabinsk sedang dalam perjalanan menuju tempat bekerja. Tiba-tiba saja mereka mendengar suara ledakan yang amat keras, dan melihat cahaya terang dari langit.

Setelah itu, mereka merasakan ada gelombang yang amat kuat, yang membuat tubuh mereka terguncang dan beberapa di antaranya nyaris terjatuh.

Meteorit, lanjut koresponden tersebut, melesat melintasi cakrawala dengan meninggalkan jejak panjang berwarna putih di belakangnya yang bisa dilihat dari Yekaterinburg yang berjarak sekitar 200 kilometer dari Chelyabinsk.

Bersamaan dengan melesatnya meteor itu, alarm mobil berbunyi, jendela-jendela hancur dan ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik.

Pemerintah Kota Chelyabinsk mengatakan, sekitar 400 orang mencari bantuan medis, terutama untuk luka ringan akibat terkena pecahan kaca yang berterbangan saat jendela-jendela pecah.

"Saya sedang mengendarai mobil untuk bekerja. Hari cukup gelap, tetapi tiba-tiba menjadi terang benderang seperti siang hari," kata Viktor Prokofiev (36), warga Yekaterinburg di Pegunungan Ural.

"Aku merasa seperti aku dibutakan oleh cahaya," imbuhnya.

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, namun Presiden Vladimir Putin yang akan menjadi tuan rumah para pejabat Departemen Keuangan dari Kelompok 20 negara di Moskow, dan Perdana Menteri Dmitry Medvedev, diberitahu.

Pejabat setempat mengatakan kemungkinan meteor tersebut berasal dari asteroid sebesar kolam renang yang terbang melintasi orbit Bumi beberapa waktu lalu. Namun hal ini belum dapat dipastikan.

Pemerintah Rusia sejauh ini memastikan tidak ada dampak kerusakan lingkungan atau tingkat radiasi yang parah.

Meteor Jatuh di Rusia, 400 Orang Terluka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar