Sumber Artikel Internet

Rabu, 15 Januari 2014

Merapi Lagi-lagi Meletus

Gunung Merapi lagi-lagi meletus, Senin (1/11/2010) pukul 10.02 WIB. Meski tidak mengeluarkan ledakan keras, namun asap hitam yang dimuntahkannya membumbung tinggi di udara dan membuat warga semakin panik.

Menurut Detik.com, muntahan abu ini mengarah ke selatan, menjangkau wilayah Salatiga, Semarang dan Purwodadi, sehingga kota-kota di Jawa Tengah itu yang berjarak lebih dari 20 km dari sisi selatan Merapi, diguyur abu vulkanik tipis. Namun meski guyuran abu tidak tebal, warga setempat kaget, karena sejak Merapi meletus pada 26 Oktober 2010 lalu, baru kali ini daerah mereka dijamah oleh abu vulkanik gunung setinggi 2.914 meter dari permukaan laut dan paling aktif di Pulau Jawa tersebut.
"Abu turun rintik-rintik, dan tahu-tahu jok motor saya telah memutih," ujar Hardi, warga Semarang.
Dijelaskan, abu mulai terlihat sekitar pukul 11.00 WIB. "Warga memang tidak panik, tapi kaget, karena baru kali ini daerah kami mengalami hujan abu sejak Merapi meletus pada 26 Oktober," imbuhnya.
Akibat hujan abu ini, udara di Boyolali, Salatiga, dan Semarang bagian selatan redup. Padahal sebelum hujan debu datang, cuaca di ketiga kota ini cerah.
Di sisi lain, karena arah muntahan Merapi mengarah ke selatan, kota Yogyakarta, Pemalang, dan Klaten yang sejak Merapi meletus terus menerus mengalami hujan abu, kali ini tidak mengalaminya. Begitupula dengan Solo, sehingga aktivitas di Bandara Adi Soemarmo Solo tetap berjalan seperti biasanya. Bahkan pesawat pembawa jamaah haji dapat diberangkatkan pada pukul 12.00 WIB. Pesawat-pesawat lain juga mendarat dan terbang dengan lancar.
Namun demikian, ketika muntahan asap hitam keluar dari kawab Merapi, ratusan warga Klaten panik dan berlarian dari rumah masing-masing. Kepala Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, menilai, letusan Merapi kali ini tidak sebesar letusan pertama pada 26 Oktober.
"Letusan 26 Oktober 2010 lebih besar dari hari ini," katanya.
Sejak Merapi meletus pada 26 Oktober 2010, hingga Senin (1/11/2010) Merapi sudah empat kali meletus. Letusan kedua dan ketiga terjadi pada Sabtu (30/10/2010) dan Minggu (31/10/2010). Seperti pada letusan pertama, pada letusan kedua dan ketiga Merapi mengeluarkan suara ledakan dahsyat dan luncuran awan panas wedhus gembel.

Merapi Lagi-lagi Meletus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar